Bagi temen2 yang ingin menanyakan atau tutorial apa yang anda butuhkan atau apapun itu bentuknya silahkan komment dan mudah-mudahan Buyonk Super Download bisa membantu dengan semampunya. . .

Kamis, 06 Mei 2010

Kenapa Anda HARUS Ngeblog


“anak sekarang” itu kalo survey/riset ujung2nya selalu lewat internet deh hehehe .

Saya mendapatkan kalimat ini dari seorang rekan yang juga merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di jakarta dalam e-mailnya kepada saya semalam. Kalimat sederhana ini menyadarkan saya betapa bergunanya blog dewasa ini sehingga saya mengatakan bahwa ngeblog dan memiliki sebuah blog merupakan keharusan jika anda ingin era informasi ini membawa keuntungan alih-alih merugikan anda.

Semua ini salah Google

Ya, semua ini salah Google yang membuat pencarian informasi menjadi sangat mudah. Apa yang orang lakukan ketika mereka ingin mengetahui lebih lanjut mengetahui sesuatu? Membuka Yellow Pages? Hell no, mereka membuka peramban (browser), mengakses Google dan mengetikkan kata kunci disana. Pikirkan jika objek yang dicari adalah nama anda: Akses google, ketikkan nama anda, dan halaman apa yang akan muncul? Jika anda tidak ngeblog, dan anda tidak menggunakan identitas asli anda di blog anda, bisa jadi google memunculkan informasi lain yang tidak anda inginkan: akun facebook anda, informasi mengenai anda di situs pemerintah, nama anda di daftar pengumuman hasil ujian yang dipublikasikan lewat internet, dll. Syukur – syukur bukan hasil yang aneh – aneh. Pikirkan jika mereka yang meng-google nama anda adalah calon perusahaan tempat anda bekerja, atau mungkin gebetan anda.

Beberapa hari yang lalu, saya sempat membaca tweet ini:

Jaman sekarang hal pertama yg dilakukan kalo lagi naksir orang adalah mengetik nama sang gebetan di google.com.

@radityadika

FYI, coba anda cari tweet ini di twitter search. Ada lebih dari 100 orang yang me-ReTweet tweet ini (ada lebih dari 10 search result page).



Kenapa harus blog?

Karena social media saja tidak cukup. Mungkin hal yang berbeda terjadi untuk anda, namun ini pendapat saya pribadi mengenai social media: Mari kita ambil twitter dan facebook sebagai sampel karena kedua media sosial tersebut merupakan dua social media yang paling mewabah di Indonesia.

Facebook ditujukan untuk “mutual friend” atau menghubungkan kita dengan orang-orang yang sudah memang kita kenal. Facebook rasanya kurang sesuai untuk mempromosikan diri anda (Facebook profile ya, beda halnya dengan facebook page) karena seringkali memuat informasi personal yang cukup kurang aman jika di share ke publik seperti nomer telpon, alamat email dll. Sedangkan twitter lebih cocok untuk komunikasi alih-alih memberikan informasi mengenai siapa diri anda dan apa yang anda lakukan mengingat terbatasnya jumlah karakter dan cepatnya distribusi informasi.

Disinilah kelebihan blog sebagai media promosi diri anda di ranah internet yang semakin crowded ini. Blog bersifat lebih terbuka dan tidak membatasi karakter sehingga lebih tepat untuk informasi yang lebih komprehensif mengenai diri anda.

Lalu sekarang apa?

Untuk yang belum ngeblog, mulailah ngeblog. Untuk anda yang tidak mau repot mengenai hal teknis dan puas dengan ’sebatas’ mempublikasikan pemikiran anda, anda bisa menggunakan layanan blog gratis seperti blogspot dan wordpress, atau tumblr dan posterous yang lebih simple & fun. Untuk anda yang menginginkan kontrol penuh atas blog anda, anda dapat menggunakan self hosted blog. Jika anda membutuhkan panduan lebih dalam mengenai hal ini, anda bisa melihat posting-posting tentang cara membuat blog di bloggingly.

Untuk anda yang sudah ngeblog, anda bisa mulai menulis apa yang menjadi keahlian anda di blog anda. Well, anda bebas menulis apa saja di blog anda sih, tapi saya yakin menunjukan kepada orang apa yang menjadi keahlian dan passion anda di blog anda akan sangat-sangat bermanfaat. Bukankah sekarang zamannya bukan siapa yang anda kenal tapi siapa yang kenal anda?

Oke, itu dia tadi pemikiran saya mengenai kenapa anda harus ngeblog. Sekarang izinkan saya tahu apa yang ada dipikiran anda. Apakah ngeblog sepenting itu? Atau ada yang memiliki pemikiran mengapa anda HARUS tidak ngeblog?

Loading...
Template by : kendhin x-template.blogspot.com