Bagi temen2 yang ingin menanyakan atau tutorial apa yang anda butuhkan atau apapun itu bentuknya silahkan komment dan mudah-mudahan Buyonk Super Download bisa membantu dengan semampunya. . .

Jumat, 07 Mei 2010

Konversi File Excel ke MySql

Terkadang konversi laporan harian dari excel ke dalam bentuk lain menjadi begitu penting, terlebih lagi jika sang bos menginginkan laporan harian yang penuh dengan baris dan kolom tersebut dijadikan ke dalam bentuk database, yang kemudian nantinya akan diolah lebih lanjut untuk dijadikan system informasinya. Nah pertanyaan sekarang adalah, bagaimana merubah file excel ke dalam bentuk database mysql? Ya, penulis akan jelaskan tutorial php tersebut di sini selengkapnya, sedetil-detilnya dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. :D

Telah diketahui bersama, Microsoft Excel versi 2003 ke atas sudah mendukung adanya format universal, yakni XML. Dan telah diyakini jika XML merupakan format file yang akan berlaku di masa depan nanti. Dalam arti format inilah yang nantinya akan digunakan sebagai standarisasi untuk semua tipe file aplikasi yang ada, entah itu word, excel, powerpoint, ataupun aplikasi-aplikasi lain yang tentunya di dalam aplikasi yang berkaitan telah di sediakan fasilitas xml-nya. Nah untuk Microsoft excel versi 2003 ke atas sudah disediakan fasilitas untuk menyimpan spreadsheet termasuk macronya, kedalam bentuk xml.

Nah apa yang harus dilakukan selanjutnya adalah, menggunakan script php sederhana yang dapat memparsing xml yang dihasilkan dari file excel tersebut kedalam bentuk database dengan memanfaatkan fasilitas XML Dom ( document object model ) yang ada pada library PHP. Dengan kata lain fasilitas XML dari kedua belah pihak, yakni microsoft excel dan php5 digunakan sebagai jembatan yang dimanfaatkan oleh script ini untuk melakukan konversi file ecxel ke dalam database mySQL.


Source Codenya

Simpan script php di bawah ini dengan nama excel2sql.php, kemudian letakkan pada direktori dimana program php itu berada, penulis menyimpannya di dalam c:program filesxamppphp.

$attribs['SS:NAME'],
‘data’ => array()
);
}
if ( $name == “ROW” )
{
$tables[count($tables)-1]['data'] []= array();
}
if ( $name == “DATA” )
{
$indata = 1;
}
}
function text( $parser, $text )
{
global $tables, $indata;
if ( $indata )
{

$data =& $tables[count($tables)-1]['data'];
$data[count($data)-1] []= $text;
}
}
function end_element( $parser, $name )
{
global $indata;
if ( $name == “DATA” )
$indata = 0;
}
$parser = xml_parser_create( );
xml_set_element_handler( $parser, “start_element”, “end_element” );
xml_set_character_data_handler( $parser, “text” );
while( !feof( STDIN ) ) {
$text = fgets( STDIN );
xml_parse( $parser, $text );
}
xml_parser_free( $parser );
foreach( $tables as $table )
{
$name = $table['name'];
$data =& $table['data'];

@$cols = implode( “,”, $data[0] );
$cols = strtolower(str_replace(” “,”_”,$cols));

for( $in = 1; $in < count( $data ); $in++ ) { $sqldata = implode( “, “, array_map( “encode”, $data[$in] ) ); ?>
INSERT INTO ( ) VALUES ( );


Cara Penggunaannya

Langkah awal yang harus di lakukan adalah membuat satu dokumen excel baru, atau jika anda akan menggunakan dokumen yang sudah ada, buat bentuk sederhana dari dokumen tersebut, kira-kira bentuknya, dengan awal mulanya seperti ini :



Konversi File Excel ke MySql tutorial php

Di gambar tersebut terlihat saya telah menghapus sheet yang tidak akan digunakan nantinya. Ini dilakukan sebagai upaya penghematan resource saja. Tips dari penulis : jangan jadi seorang yang pemboros. :D

Ya, langkah selanjutnya save as dokumen tersebut, ke dalam bentuk XML Spreadsheet (*.xml, di sini penulis meletakkannya di direktori c:Another :



Konversi File Excel ke MySql tutorial php

Dokumen yang baru di save ke dalam type file xml tersebut apabila dibuka dengan editor notepad, bentuk standarnya akan terlihat seperti ini :






....
""


xmlns: o=”urn: schemas-microsoft-com:office:office”
xmlns: x=”urn: schemas-microsoft-com:office:excel”
xmlns: ss=”urn: schemas-microsoft-com:office: spreadsheet”
xmlns: html=”http://www.w3.org/TR/REC-html40″>

Al-k
Al-k


9720
15195
480
45
False
False






x:FullRows=”1″> id Nama Customer Alamat Rumah Email 1 Yudho P Bandung antoniush@plasa.com " .... …
Ya, kira-kira struktur filenya akan seperti itu, namun ada beberapa bagian yang sengaja penulis dihilangkan. Langkah berikutnya adalah menjalankan script phpnya dengan menggunakan command line :
 
Start menu | run | cmd
( ket: penulis menggunakan xampp pada tutorial ini, tidak berbeda dengan web server paketan yang lainnya ) Masuk ke dalam direktori dimana php.exe berada,   C:>cd c:program filesxamppphp 
Kemudian jalankan scriptnya, 
C:Program Filesxamppphp>php.exe excel2sql.php < c:anotherdata1.xml      


Anda pun dapat menyisipkan hasil sqlnya kedalam satu file :
C:Program Filesxamppphp>php.exe excel2sql.php < c:anotherdata1.xml > databasecostumer.sql
Berikut adalah screenshoot hasil dari eksekusi perintah tersebut :





Silahkan download script nya di sini excel2sql.php.zip

KUMPULAN LINK

Template by : kendhin x-template.blogspot.com